Perempuan dan Keluhan Sakit Saat Buang Air Kecil

Salah satu penyakit yang sering dialami oleh perempuan adalah nyeri atau sakit saat buang air kecil, saya juga pernah mengalaminya. Meski akhirnya sembuh dengan sendirinya dengan banyak minum. Waktu itu saya mengalaminya saat setelah sampai ke suatu tempat melalui sebuah perjalanan darat. Dari Bengkulu menuju Palembang. Jadi selama dalam perjalanan seperti biasa dan pada umumnya kita sering menahan rasa ingin kencing atau berkemih. Padahal itu tidak baik dilakukan.

Tapi tetap saja ya, kita lakukan. Banyak alasan mengapa sebagian dari kita suka menahan buang air kecil (BAK) saat dalam perjalanan. Salah satu di antaranya sebab  ingin menunggu kendaraan berhenti dulu. Misalnya di rest area. Atau kondisi Wc yang bikin kita gak nyaman mau BAK. Tau sendirilah kondisi WC umum seperti apa.

Nah, akibat yang ditimbulkan dari kebiasaan tersebut, bisa menyebabkan timbulnya keluhan sakit saat buang air kecil atau yang sering juga disebut dengan anyang-anyangan. Kondisi yang lebih parahnya juga akan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih, akibat adanya bakteri di dalam Urin. Keluhan anyang-anyangan itu sama halnya ketika kita berasa selalu ingin kencing, akibat ketika berkemih urinnya tidak keluar semuanya. Cuma sedikit saja, jadi belum lega dan masih terasa penuh di kandung kemih. Dalam kondisi tersebut sangatlah tidak nyaman.

Apalagi memang kondisi uretra atau saluran kemih pada perempuan yang lebih pendek yang menyebabkan bisa sangat rentan terkena bakteri dari toilet saat BAK atau BAB. Akibatnya memang perempuan lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Nyeri saat buat air kecil itu merupakan salah satu gejala awal terjadinya infeksi. Oleh karena itu harus segera diatasi.

Gejala yang umum pada ANYANG-ANYANGAN

  1.     Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  2.     Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  3.     Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  4.     Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  5.     Rasa perih ketika buang air kecil.
  6.     Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  7.     Merasa lelah dan kurang sehat.
  8.     Demam
Memang seperti yang saya ceritakan sebelumnya, keluhan ini dapat sembuh atau hilang dengan banyak minum air putih. Akan tetapi untuk kondisi yang masih biasa. Namun, pada kondisi tertentu tenyata banyak minum air putih saja tidaklah cukup. Keluhan Sakit saat buang air kecil atau anyang-anyangan ini harus diobati atau diatasi dengan serius.

Atasi Sakit Saat Buang Air Kecil Secara Alami

Kita bisa mengobati sakit saat buang air kecil dengan mulai minum secara rutin Prive Uricran. Yang merupakan ekstrak dari buah Cranberry. Buah yang berwarna merah dan mirip dengan Cherry ini dipercaya melalui sebuah riset pengembangan dapat membantu mengatasi atau mengurangi keluhan nyeri atau sakit saat buah air kecil.

Riset Mengenai Cranberry

Pada awalnya, sejak jaman terdahulu, cranberry digunakan untuk berbagai macam pengobatan, dikarenakan kandungannya yang amat sangat beragam dan bermanfaat bagi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

Dan kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Kita ulas dulu ya, apa itu Cranberry, biar lebih jelas.

Sejarah Cranberry

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada.

Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

Buah Cranberry

Kandungan Cranberry

Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Manfaat Mengkonsumsi Cranberry

Banyak wanita di atas usia 20 tahun menderita infeksi saluran kemih yang menyebabkan ketidaknyamanan. Sementara, jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini.

Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Pilihan Kemasan Prive Uricran

Nah, di dalam Prive Uricran tersebut mengandung ekstrak buah Cranberry. Oleh karena itu sangat baik diminum untuk mengatasi sakit saat buang air kecil tersebut. Rasanya juga enak, yang model serbuk bisa kita minum seperti sirup. Warnanya kalo sudah dilarutkan di dalam air, mirip juga dengan sirup cocopandan, hahaha. Boleh juga minumnya ditambah dengan es batu. Kalo saya sih, menyarankannya lebih baik didiamkan dulu beberapa saat di kulkas , setelah dingin baru diminum. Rasanya segar, apalagi jika diminum saat cuaca lagi panas atau di siang hari. Hmmm, enaknya.

Minum Prive Uricran selain kita mendapatkan kesegaran sekaligus juga kita mendapatkan kesehatan. Untuk kemasan praktisnya ada juga yang model tablet atau kapsul seperti obat biasa. Bisa kita minum seperti biasayanya saat kita minum obat. Dalam satu kaplet atau box itu Komposisinya : 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari Isi per Box: 30 Kapsul / Box

Kalo yang bentuk serbuk atau sachet atau Prive Uricran Plus Komposisinya 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari Isi per Box: 15 Sachet / Box

Kita bisa memilih mana yang lebih disukai dan nyaman untuk diminum. Intinya jika sudah mengalami keluhan sakit saat buang air kecil, maka segera harus diatasi jangan dibiarkan hingga menjadi lebih parah lagi. Apalagi sekarang sudah tersedia prive uricran yang secara mudah bisa kita dapatkan diberbagai apotek. Kita tinggal membeli dan meminumnya.

Namun, hal yang lebih penting dan lebih utama adalah mencegah penyakit tersebut tidak berulang kembali dengan cara menjaga kebersihan diri dan pola hidup sehat. Termasuk sehat untuk banyak minum air putih dan tidak sering menahan BAK.

Semoga selalu sehat dan kuat ya sobat !

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Perempuan dan Keluhan Sakit Saat Buang Air Kecil"

  1. Kalau ditanam di Indonesia bisa gak ya buah cranberry ini?Soalnya banyak banget ya manfaatnya

    BalasHapus
  2. nah, coba aja yurma, kli bisa, hihihi

    BalasHapus
  3. Saya juga suka nahan BAK. Ga tahan ama toilet umum ��

    BalasHapus
  4. Untungnya sekarang sudah ada Uri-cranyaa Mbaa, jadi kita tak perlu jauh-jauh ke Amerika hanya untuk mendapatkan buah cranberry😊

    BalasHapus
  5. Untungnya sekarang sdh ada Uri-Cran ya mbak.

    BalasHapus